Prospek Budidaya Cacing Sutra

           Anda yang sebelumnya pernah atau mengenal budidaya ikan hias atau ikan konsumsi jenis sidat, belut dan sebagainya sudah pasti memahami betapa bergunanya makhluk kecil ini untuk perkembangan budidaya ikan mereka.
ya...menang benar cacing sutra adalah makanan utama bagi jenis ikan air tawar.
Selain cacing ini nakanan kesukaan para ikan cacing ini terbukti memiliki kandungan protein tinggi yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan.
Biasanya para pembudidaya ikan ini hanya khusus pembibitan dan pembesaran ikan saja mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan pakan sendiri, para pembudidaya biasa mendapatkan pakan dari para penyuplai Cacing Sutra di lingkungan sekitar mereka.
Perlu diketahui bahwa selama ini mereka para pembudi daya ikan mendapatkan cacing sutra dari para pengepul cacing sutra yang masih menggantungkan alam untuk menyuplai kebutuhan para pembudidaya ikan kita bisa menyebutnya Pemburu Cacing Sutra. mereka (para Pemburu Cacing Sutra) biasa mencari di got, selokan dan kali-kali kecil ber arus lemah.
ada kelebihan dan kekurangan bagi para penyuplai Cacing Sutra yang masih menggunakan cara berburu di alam untuk memenuhi kebutuhan pasar diantaranya :
  1. Berburu cacing sutra di alam erat kaitannya dengan cuacah dan musim, biasanya bila tiba musim penghujan Cacing sutra sulit untuk didapatkan ini karna pasangnya air di saluran got dan sungai-sungai membuat pandangan para pemburu cacing sutra terbatas, derasnya air sungai juga membuat cacing sutra ikut terbawa arus.
  2. Cacing Sutra yang terdapat di alam biasanya masih banyak mengandung bakteri patogen yang bisa mengganggu kesehatan ikan para pembudidaya. Karna meman seperti yang kita tahu bahwa selokan dan got biasanya memang difungsikan untuk saluran pembuangan limbah yang tidak terkontrol. Untuk itu Cacing Sutra yang terdapat di alam perlu di karantina terlebih dahulu sebelum diberikan untuk ikan-ikan para pembudidaya.
Dari sisi keuntungan mungkin hanya lebih sedikitnya modal dan peralatan yang dibutuhkan oleh penyuplai Cacing Sutra alam. Ini jelas sangat berbeda bila kita mensuplai Cacing Sutra dengan metode budidaya/ternak karena hasil yang lebih konsisten dan dapat dikontrol perkembangannya.

Nah dari situ pula kita bisa melihat bahwasanya memang ada peluang usaha menjanjikan, apa lagi saat ini semakin maraknya budidaya ikan baru bermunculan baik ikan hias maupun jenis ikan konsumsi, di satu keadaan tertentu seperti musim hujan ketersediaan Cacing Sutra dipasaran jelas sangat terbatas ini menyebabkan fluktuasi/ naik-turunnya harga Cacing Sutra. Semua itu mendorong semakin tingginya permintaan Cacing Sutra.
Harga Cacing Sutra terbilang cukup menggiurkan,sebagai contoh saat ini di surabaya harga Cacing mencapai Rp. 30.000-Rp. 45.000 per Kg. namun seperti saya jelaskan tadi bahwa harga Cacing Sutra juga berfluktuatif megingat kita masih bersaing dengan pemburu Cacing Sutra di alam.
Seperti budidaya cacing pada umumnya modal awal dan perawatan cacing ini relatif murah dan mudah, tidak terlalu menyita waktu dan biaya, kita dapat menyesuaikan lingkungan dan kondisi kita.

Untuk memulai budidaya dan perawatan cacing sutra akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar