Cacing Lumbricus Rubellus

Cara Budidaya Cacing Fosfor Dengan Media Alam

Sebelumnya kita tahu kendala-kendala dalam mencoba membudidayakan cacing fosfor, di butuhkan persiapan-persiapan khusus dalam budidaya cacing fosfor
namun taukah anda bila kita sedikit kreatif kita dapat membudidayakan cacing fosfor dengan cara yang lebih sederhana namun cukup menguntungkan bila kita sanggup menerapkan metode ini dengan benar.
Sebenarnya cara ini bukan murni kita membudidayakan cacing fosfor, lebih tepatnya kita menangkap atau memancing cacing fosfor untuk masuk lingkungan yang kita siapkan dan sekaligus merawatnya.
Dengan mempertimbangkan fakta yang kita ketahui tentang cacing fosfor maka kita bisa memikirkan cara yang tepat.
Sedikit informasi tentang cacing fosfor      :
  • Cacing ini lebih nyaman ada di dalam jauh di bawah tanah , bila lumbricus rubellus nyaman di kedalaman 5-20 cm cacing fosfor  biasa masuk dalam tanah 50cm dalam tanah. 
  • Habit alaminya adalah tanah humus,gembur kelembaban tinggi cenderung berlumpur.
  • Cacing fosfor tidak mau lingkungan yang terlalu bau atau pekat dengan gas ammonia atau lingkungan dengan keasaman tinggi.
Setelah kita mengetahui karakter cacing ini,  berikut Cara Budidaya Cacing Fosfor Dengan Media Alam
  1.  Pertama kita harus mencari dulu lokasi yang tepat, tentunya habitat alami mereka (lembab/ber air, tanah humus dan kaya bahan organik). Lokasi yang paling masuk akal adalah sawah, kebun dan tanah didekat kadang hewan-hewan ternak.
  2. Setelah kita tentukan lokasi. Selanjutnya kita mulai membuat kandang buatan dengan cara membuat kubangan di tanah tersebut, tidak perlu terlalu dalam cukup sekitar 20cm sudah cukup.
  3. Langkah berikutnya adalah kita siapkan media dan makanan ekstra yang sekiranya disukai cacing (bisa apa saja asal organik), bahan-bahan tersebut kemudian di fermentasi. Setelah semua siap kita tuangkan media dan makanan tadi dalam kubangan yang telah kita buat sebelumnya.
  4. Setelah media dan pakan sudah kita tuang kita perlu menutupi kubangan tersebut agar terhindar dari lalat dan hewan lainya. Penutup boleh kita gunakan karung atau daun pohon pisang dan kita beri beban diatasnya agar penutup tidak kabur.
  5. Semua langkah sudah selesai kita tinggal menunggu hasilnya. Dua minggu hingga satu bulan berikutnya kita buka penutup dan abra-kadabra.... cacing siap di panen.
Prinsipnya adalah kita mengundang cacing untuk datang ke lingkungan yang telah kita siapkan, bagaimanapun juga cacing akan datang bila di suatu titik banyak sumber makanan dan tempatnya dirasa nyaman. So... buat cacing se cozy mungkin di lingkungan buatan kita.

note : Keberhasilan metode ini sangat bergantung pada pemilihan lokasi yang kita pilih dari awal.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar